Selasa, 01 Desember 2009

KIBAR MERAH PUTIH MAPALA PNUP 2009

Untuk kedua kalinya, perayaan HUT RI ke-64 berbeda tahun ini di Enrekang. Pengibaran sang saka merah putih dilakukan di tebing Mandu Tontonan, Kecamatan Anggeraja, pada puncak HUT RI, Senin 17 Agustus.

Pengibaran bendera dengan ukuran 21x 12 meter tersebut dilakukan delapan anggota mahasiswa pencinta alam … (Mapala) Politeknik Negeri Makassar.

Acara tersebut mendapat perhatian ratusan warga yang penasaran ingin melihat prosesi pengibaran secara langsung, walaupun salah satu televisi swasta juga menyiarkan secara live.

Acara pengibaran bendera di tebing adalah hal yang kedua dilakukan kelompok Mapala Polteknik Makassar. Ketua Mapala Poltek neg Makassar, Ahmad mengatakan, kegiatan tersebut akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun. “Kita selalu ingin memperlihatkan sisi nasionalisme dengan menggelar kegiatan seperti ini. Insya Allah ini akan terus berlangsung setiap tahun,” ujar Ahmad.

Mapala PNUP telah 2 tahun berturut-turut melakukan kegitan serupa ditebing ini. Hal ini yang menjadi landasan yang kuat untuk kembali melakukan pengibaran merah putih. Dengan adanya kegiatan seperti ini mudah-mudahan jiwa nasionalisme pemuda-pemudi bisa kembali berkobar seperti pahlwan-pahlawan bangsa zaman dulu.

Pada tahun sebelumnya,, merah putih berkibar pula di tebing spikul yang dilakukan puluhan anggota Federasi Panjat Tebing Se-Jawa Timur bersama anggota Komando Pasukan Katak atau Kopaska Surabaya dan Yonif 500 Raiders Malang. Beserta masyarakat setempat, mereka memilih mengibarkan Merah-Putih dengan ukuran besar ditebing yang terjal setinggi 200 Meter di Gunung Spikul, Trenggalek Jawa Timur.

^^^^^^^

Metrotvnews.com, Enrekang: Persiapan pengibaran bendera Merah-Putih di Tebing Mandu, Enrekang, Sulawesi Selatan, terus dilakukan tim Metro TV dan pencinta alam setempat, Senin (17/8) siang. Pengibaran bendera di salah satu tebing tersulit didaki di Asia itu kini mencapai 50 persen.

Bendera yang akan dikibarkan berukuran jumbo: 21 X 12 meter. Dijadwalkan bendera dibentangkan di sisi tebing yang berdiri tegak lurus setinggi 140 meter. Sejauh ini bagian bendera berwarna merah sudah bisa dilihat dari kejauhan.

Pengibaran Merah-Putih di Tebing Mandu adalah satu di antara tujuh rangkaian program Indonesia Bersatu: Kibar Sang Saka 17 Agustus. Selain di Tebing Mandu, Metro TV akan mengibarkan Merah-Putih di Istana Merdeka Jakarta; bawah laut Perairan Bunaken, Sulawesi Utara; dan gua Jomblang, Gunung Kidul, Jawa Tengah.

Sang Saka pun akan dikibarkan di kawah Tengger, Jawa Timur; Danau Toba, Sumatra Utara; dan Istana Siak, Riau.(ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar