Jumat, 20 Februari 2009

ANOA PEGUNUNGAN LATIMOJONG

Senin 1 Desember 2008 tim Ekspedisi ANOA LATIMOJONG yang terdiri dari METRO EXPEDITION(METRO TV) ditemani oleh OMEL Mapala Politeknik Neg. Ujung pandang dan Iping Mapala UNIFA Makassar. Pagi jam 5 subuh tim kami beranggotakan 6 orang berangakat dari Kampus UNIFA dengan mengendarai Mobil Metro TV menuju Kab. Enrekang Kec. Bungin. Perjalanan ditempuh kurang lebi 8 jam dengan melewati jalanan yang banyak berkelok dan berbatu. Sesampai di Kec. Bungin tim langsung berangkat menuju kedesa Sawitto, Dusun Kata’bi yang dengan jarak 12 km yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Didusun Kata’bi menginap dirumah Pak Dusun(SArimin), malam hari kita banyak kedatangan tamu-tamu/masyarakat setempat. Karena kondisi medan yang belum kita ketahui terutama tempat Anoa biasa berkeliaran. Tim kami membutuhkan 6 orang Porter untuk mengantar sekaligus membawakan barang utamanya alat syuting.

Rabu tanggl 3 Desember
Tim berangkat menuju lokasi Anoa, hutan yang dilewati sangat lebat dan disepanjang jalan sangat banyak rotan yang siap merobek kulit kita. Perjalanan dengan penduduk sangat mengasikkan karena sepanjang perjalanan banyak bercanda dan bercerita tentang hutan dan mistik-mistiknya. Perjalanan yang seharusnya ditempuh hanya dengan satu hari menjadi terkendala karena kaki salah satu Crew Metro Xpedition agak sedikit terkilir. Jam 5 sore lokasi yang akan kita tuju masing sangat jauh(kurang lebih 4 jam). Karena kondisi fisik juga sudah mulai menurun. Dengan ditemani porter kami terpaksa harus menginap dipertengahan jalan.

Malam hari ada kebiasaan masyarakat setempat yang harus dilaksaakan bila sedang memasuki hutan. apalagi jika sedang berburu anoa. Kebiasaan yang dilakukan adalah memotong ayam, hal ini dilakukan bertujuan untuk berkah dan keselamatan semua tim dalam hutan. Keesokan harinya kita kembali akan melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan tanjakan yang semakin curam. Namun sebelum tim berangakat, 3 orang porter jalan duluan untuk langsung menuju lokasi dimana anoa berada. Setelah tim sampai dilokasi/camp terahir, kita langsung melakukan pengambilan gambar anoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar